Mengintip Sisi Unik Jembatan I Dompak, Banyak yang Belum Tau Loh

Jembatan I Dompak, Tanjungpinang memiliki tiga lengkungan yang unik ,selain itu ada lorong lintasan joging yang tersembunyi menjadi dayavtarik tersendiri. (F/Sutana)

Tanjungpinang (SN)- Masyarakat Tanjungpinang dan Bintan banyak yang belum mengetahui bila Jembatan I Dompak, Kota Tanjungpinang memiliki sisi unik yang tersembunyi. Sisi unik yang masih banyak orang belum mengetahui yakni keberadaan lorong joging track yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga dan juga wisata.

Keberadaan lorong joging track atau jalur untuk lari yang tersembunyi ini persis berada di bawah badan jembatan, dan lorong itu ada di kiri dan kanan jembatan dengan lintasannya cukup panjang kurang lebih 500 meter dan juga lintasannya cukup lebar.

Sebagaimana diketahui, Jembatan I Dompak menjadi ikon Ibukota Provinsi Kepri, Tanjungpinang merupakan satu dari tiga jembatan yang  merupakan akses utama penghubung antara Kota Tanjungpunang dengan Pulau Dompak yang menjadi pusat administratif Pemerintahan Provinsi Kepri.

Jembatan I Dompak ini memiliki panjang keseluruhan 1,5 kilo meter yang merupakan jembatan terpanjang di Kepri untuk satu bentang jembatan, bahkan mungkin terpanjang yang ada di Sumatera.

Sejauh ini, masyarakat kebanyakan hanya mengetahui bahwa Jembatan I Dompak ini hanya sebagai akses utama sebagai penghubung dua pulau yang bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selain itu, bila masyarakat hanya melihat secara sekilas dan melihat dari atas kendaraan, maka tidak akan melihat keunikan jembatan tersebut. Tetapi bila pengunjung dan turun melihatnya, maka akan mengetahui keberadaan lorong atau lintasan joging track yang berada persis dibawah jembatan itu. 

Inilah lorong lintasan joging yang tersembuyi berada persis di bawah jembatan. (F/Sutana)

Selain sarana untuk olahraga joging track yang tersembuyi ini, lintasan ini juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yang hobi memancing. Karena lokasi joging track tersebut persis berada di atas laut dan posisinya terlindung, sehingga tidak terkena panasnaya matahari. Bahkan pengunjung bila sedang beruntung, akan melihat pemancing yang sedang menarik ikan saat umpan pancingannya di sambar ikan.

Keberadan Jembatatan I Dompak ini selain memiliki keindahan dari segi arsitekturnya, dimana ada tiga lengkungan yang mempercantik jembatan. Lengkungan jembatan tersebut dibangun perisis berada ditengah-tengah jembatan, sehingga semakin cantik dan unik.

Keindahan jembatan ini semakin sempurna dengan adanya dua menara yang artistik dan indah yang dipadu dengan layar kapal di bagian kanan dan kiri sebagai gerbang jembatan dari arah menuju Pulau Dompak. Bahkandan, bila pengunjung datang pada malam hari, menara dan layar kapal tersebut akan dihiasai dengan cahanya warna warni yang mempercantik jembatan tersebut.

Pemerintah Provinsi Kepri juga terus melakukan perbaikan dan pembenahan untuk mempercantik jembatan, salah satunya dengan menambahkan ornamen gambar berciri khas budaya Melayu yang di pasang di tembok jembatan. Bukan itu saja yang dilakukan pemerintah Provinsi Kepri, dimana lampu-lampu penerangan jembatan dilakukan perbaikan lampu yang mati, juga tiang lampu kembali di cat agar tetap indah.

Titin Anggraeni salah satu pengunjung yang ditemui di lokasi jembatan mengaku bangga melihat perubahan dengan keberadaan Jembatan I Dompak saat ini. Selain jembatan bisa diakses untuk berolah raga juga bisa sekalian untuk berwisata keluarga.

“Saya bersama keluarga bila hari libur kerja meluangkan untuk berolah raga dengan joging di jembatan ini. Sekaligus berwisata sebab di bagian gerabang bisa untuk santai dan bisa menikmati keindahan pemdangan Tanjunginang,” kata Titin, kemarin.

Ia juga tidak menyangka bila dibagian jalur joging ada terdapat lintasa yang tersembuyi, dan bisa dimanfaatakan untuk berekreasi dengan menacing sambil melihat lalu lalang kapal nelayan.

“Ya sangat bagus pemandangannya bila kita ada dilintasan dibawah jembatan, jadi selain badan kita sehat juga fikiran menjadi pres dengan menikmati keindahan di jembatan ini,” ujarnya.

Hal yang sama disapikan Indra yang juga tengah joging di jembatan itu, dirinya mengaku menikmati kegiatan di jembatan ini baik dengan olah raga joging maupun hanya sekedar jalan-jalan menikmati segarnya udara pagi hari di sekitar jembatan.

“Kebetulan saya suka berolah raga baik joging maupun bersepeda. Biasanya, saya setelah bersepeda di sekitar pusat pemerintahan di Dompak, saya lanjutkan joging di jembatan dan sangat enak saja pemandangannya,” tuturnya. (SN)

Sumber : Sketsanews

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *