Pusat Tambah Kapal Roro Baru Untuk Kepri

Tanjungpinang (SN) – Provinsi Kepri kembali mendapat tambahan satu unit kapal Roll-on / Roll-off (Roro) KMP Bahtera Nusantara 03 dari Kementerian Perhubungan yang direncanakan mulai beroperasi pada Oktober 2022 yang akan melayani antarpulau dan lintas provinsi.

Kehadiran KMP Bahtera Nusantara 03 akan memperlancar arus penumpang dan barang antar pulau maupun lintas provinsi sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri, khususnya di pulau-pulau terluar.

“Saat ini posisi kapal sudah di ada dan tengah sandar di Pelabuhan Batu Ampar, Batam,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri Junaidi di Tanjungpinang, Senin (19/9/2022).

Junaidi menambahkan bahwa, KMP Bahtera Nusantara 03 sedang melakukan uji kelayakan berlayar. 
Selanjutnya, akan dilakukan penyerahan pengoperasian kepada PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Batam.

“Setelah itu akan dihitung seberapa besar untuk beban subsidi BBM-nya,” tambahnya.

Ia  juga menerangkan KMP Bahtera Nusantara 03 ini akan melayani trayek antar pulau di Provinsi Kepri mulai di Punggur (Batam) -Tanjunguban (Bintan) – Tambelan (Bintan), ditambah satu rute lintas provinsi tujuan Sintete (Sambas, Kalimantan Barat).

“Nantunya, kapal itu berangkat melalui di Pelabuhan Punggur,  Tanjunguban, Tambelan, dan terakhir Sintete,” ujarnya lagi.

Junaedi menyebutkan untuk keberangkatan KMP Bahtera Nusantara 03, dijadwal per lima hari sekali. Perlu diketahui tambahnya, kapasitas kapal roro ini mampu menampung kurang lebih sebanyak 400 penumpang dan 65 kendaraan roda empat.

“Untuk kapasitas mesin kapal ini sebesar 1.500 GT dengan kecepatan 15 knot,” katanya.

Untuk tarif kapal roro KMP Bahtera Nusantara 03 ini lanjutnya, untuk trayek antara pulau di Provinsi Kepri akan ditentukan melalui keputusan gubernur. Sedangkan, untuk lintas provinsi tujuan Sintete, akan ditentukan oleh pemerintah pusat.

Perlu diketahui, Provinsi Kepri juga sebelumnya juga telah memilki KMP Bahtera Nusantara 01 yang melayari rute antar pulau, mulai dari Pelabuhan Tanjung Uban-Matak-Midai-Penagi-Subi-Serasan dan lintasprovinsi tujuan Sintete.

“Jadi nanti, KMP Bahtera Nusantara 01 melayari jalur Utara. Sedangkan, KMP Bahtera Nusantara 03 ini akan melayari jalur Barat,” jelasnya. (SN)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *