Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang Sudah Berbenah Sambut Wisman

Tanjungpinang (SN) – Pelabuhan International Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang telah menyiapkan dengan lengkap sarana dan parsarana dalam rangka menyambut  kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Tetapi, pihak pelabuhan internasional SBP ini belum dapat melayani penumpang, karena agen kapal yang melayani rute Tanjungpinang – Malaysia dan Tanjungpinang – Singapura, masih menunggu penyelesaian dokumen Persetujuan Keagenan Kapal Asing (PKKA) dari Kemenhub.

Hal tersebut diungkapkan, Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kepri, Rudi Chua saat melakukan peninjauan fasilitas pendukung di pelabuhan tersebut bersama stakeholder terkait.

“Kita sudah melihat dan mengecek pelabuhan ini dan semuanya sudah siap, sekarang justru hanya tinggal agen yang belum siap karena mereka sudah terlalu lama tidak jalan, jadi mereka butuh waktu untuk mempersiapkan surat-suratnya dulu,” ujarnya, Jumat (1/4/2022).

Rudi juga menjelaskan dari hasil komunikasinya dengan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Tanjungpinang, Agus Jamaludin, bahwa untuk persyaratan PCR bagi wisman yang datang, KKP Kota Tanjungpinang telah menggandeng Kimia Farma untuk melaksanakan tes tersebut.

“Jadi nanti setiap penumpang yang datang itu akan langsung dites PCR dan boleh menunggu di rumah bagi WNI dan di hotel bagi WNA. Karena proses untuk hasil tes PCR itu butuh waktu sampai dua jam,” jelasnya.

Rudi memperkirakan seminggu ke depan Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura sudah mulai beraktivitas seperti sebelum pandemi Covid-19.

“Kita berharap seminggu ke depan pelabuhan sudah mulai normal. Karena memang kendalanya hanya tinggal menunggu agen untuk mempersiapkan surat-suratnya. Sementara, teman-teman di Pelindo, KKP, dan Imigrasi tidak ada kendala lagi,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kepri, Junaidi, menyampaikan, secara umum 8 pelabuhan international di Pulau Batam dan Bintan sudah sangat siap untuk menyambut wisman.

“Kalau untuk di Batam pada prinsipnya sudah siap semua. Terutama Pelabuhan Batam Center, Harbour Bay, sama Nongsa Pura,” tuturnya.

Sementara itu, Pemilik Agen Kapal Cuaca Marina, Rusna, yang melayani rute Malaysia – Tanjungpinang, mengaku senang dengan akan mulai dibukanya jalur pelayaran internasional di Pelabuhan SBP.

“Kami merasa senang, karena sudah hampir dua tahun kita tidak beroperasi. Mudah-mudahan ini dapat membangkitkan lagi pariwisata di Bintan dan umumnya di Kepri,” tuturnya.

Rusna mengungkapkan, sejak Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali jalur pelayaran internasional, pihaknya cukup banyak menerima permintaan pemesanan tiket.

Tapi, karena berhubung pihaknya masih mengurus PPKA, sehingga pihaknya terpaksa untuk sementara menolak pesanan itu.

“Memang cukup banyak yang telepon mau booking tiket, tapi tak kita terima karena kita masih mengurus dokumen PKKA. Hanya tinggal menunggu dokumen itu saja, kalau untuk kapal semua sudah siap. Mudah-mudahan minggu depan dokumen itu sudah selesai,” paparnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Manager Agen Kapal Sindo Ferry yang melayani rute Singapura – Tanjungpinang. Menurutnya, pihaknya juga sudah sangat siap untuk melayani penumpang. Hanya saja memang saat ini masih terkendala dengan belum selesainya dokumen PPKA.

“Kita juga sudah siap, hanya tinggal menunggu dokumen PKKA itu selesai dan informasi lebih lanjut dari Singapura kapan kapal bisa berlayar ke sana,” tuturnya. (SN)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *