Festival Kopi Merdeka 2023, Sisi Unik Jalan Merdeka Kota Lama Tanjungpinang

Pagelaran festival Komi Merdeka 2023 di Jalan Merdeka Kota Lama Tanjungpinang sebagai daya tarik pariwisata di Kepti (F/Diskominfo Kepri)

Tanjungpinang (SN) – Jalan Merdeka merupakan kawasan Kota Lama Tanjungpinang yang telah disulap menjadi ikon wisata dan menjadi kawasan wisata unggulan yang menjadi kebanggan  masyarakat Tanjungpinang dan umumnya Provinsi Kepulauan Riau. (Kepri).

Berbagai iven dan kegiatan pariwisata telah banyak digelar di Jalan Merdeka Kota Lama Tanjungpinang ini, dan baru-baru ini telah sukses menggelar kegiatan tingkat nasional yakni Festival Kopi Merdeka 2023.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, hadir di malam puncak dari Festival Kopi Merdeka 2023 ini. Festival ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara Tanjungpinang Fest 2023 yang berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 24 hingga 27 Agustus 2023 dan kegiatan ini merupakan tahun kedua.

Tanjungpinang Fest 2023 adalah hasil dari kolaborasi antara berbagai entitas termasuk Kemenparekraf RI, Pemprov Kepri, Pemko Tanjungpinang, Karang Taruna Kepri, dan Komunitas Kedai Kopi.

Festival ini juga telah diakui dan masuk dalam agenda program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 oleh Kemenparekraf RI, menandakan pentingnya acara ini dalam skala nasional.

Selama acara tersebut, berbagai tokoh penting hadir, termasuk Inisiatior Festival Kopi Merdeka, Mantan Kajari Tanjungpinang yang saat ini menjabat Koordinator Aset Negara Kejaksaan Agung, serta berbagai pejabat dari Pemprov Kepri, Pemko Tanjungpinang, dan masyarakat umum yang berpartisipasi dengan antusias.

Gubernur Ansar Ahmad tidak hanya hadir sebagai tamu, tetapi juga secara aktif berpartisipasi dengan menyerahkan hadiah kepada para pemenang dari berbagai lomba yang diselenggarakan, mulai dari lomba band, vokal grup, hingga lomba foto Instagram dan video pendek.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar Ahmad menekankan pentingnya pelestarian nilai-nilai budaya dan pariwisata sebagai kekayaan Kepulauan Riau yang harus terus dikembangkan.

“Semoga kegiatan yang baik ini akan terus berkelanjutan di tahun berikutnya, dan akan menjadi ikon dalam dunia pariwisata Kepri. Perlu diingat potensi sumber daya alam dapat habis dan terkikis, tetapi potensi pariwisata dan budaya dapat berkembang dan lestari,” ujar Ansar, Minggu (28/8/2023) malam.

Ia juga menyoroti tentang upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah provinsi dalam memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kabupaten Natuna, dan menegaskan komitmen penuh dalam menjaga kedaulatan negara.

Selain itu, Gubernur Ansar menyerukan agar warga masyarakat Kota Tanjungpinang terus memberikan dukungan dalam memajukan Tanjungpinang sebagai ibukota provinsi Kepulauan Riau. Festival Kopi Merdeka 2023 sendiri tidak hanya sekadar hiburan. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan kopi lokal dari Tanjungpinang.

Salah satu produk kopi yang menjadi highlight adalah Bubuk Kopi Legenda Tanjungpinang Kapal Tanker, produk kopi yang memiliki sejarah panjang sejak tahun 1950-an. Dengan festival ini, diharapkan masyarakat semakin mengenal dan mencintai kopi lokal serta mempromosikan Tanjungpinang sebagai destinasi wisata kuliner dan budaya yang menarik. (SN)

Editor : Sutana

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *