Tim Teknologi Tepat Guna Kota Tanjungpinang Masuk Nominasi GTTGN 2024

Tim TTG Kota Tanjungpinang berhasil masuk nominasi dalam ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXV Tahun 2024 yang akan diselenggarakan di NTB 15 Juli mendatang mewakili Provinsi Kepri, Kamis (11/07/2024). (F-Sahrul)

Tanjungpinang (SN) – Tim Teknologi Tepat Guna (TTG) Kota Tanjungpinang meraih pencapaian gemilang dengan berhasil masuk nominasi dalam ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXV Tahun 2024 yang akan diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 15 Juli mendatang.

Tim ini akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) setelah inovasinya dalam teknologi pengembangan mesin pengering ikan asin mendapat apresiasi tinggi di tingkat nasional.

Bambang Hartanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang, menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian tim TTG.

“Kami sangat bangga, inovasi mesin pengering ikan asin yang dikembangkan oleh inovator Fitrinaldi dan Dedek Mulyadi berhasil masuk nominasi di tingkat nasional. Ini merupakan bukti nyata komitmen kita dalam mengembangkan potensi daerah melalui teknologi tepat guna,” ujar Bambang pada Kamis (11/07/2024).

Fitrinaldi, salah satu inovator, menjelaskan bahwa mesin pengering ikan asin ini adalah hasil dari pembelajaran berbasis proyek di SMK.

“Inovasi ini lahir dari keinginan kami untuk mengoptimalkan hasil laut di Tanjungpinang dan Kepri, dengan menghasilkan ikan asin secara lebih efisien dan higienis,” ucapnya.

Mesin pengering ini tidak hanya dirancang untuk beroperasi secara otomatis selama 24 jam, tetapi juga menjaga kebersihan dan kualitas produk, serta mudah digunakan oleh masyarakat termasuk ibu rumah tangga sebagai pelaku UMKM.

Dengan adanya penghargaan ini, harapan Bambang adalah dapat menginspirasi lebih banyak inovator untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui teknologi inovatif yang bermanfaat.

“Mohon doa restu dari masyarakat agar tim TTG kota Tanjungpinang dapat meraih prestasi yang membanggakan dalam ajang bergengsi tingkat nasional,” tambahnya.

Fitrinaldi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh seluruh pihak, termasuk SMK Negeri 3 dan Pemko Tanjungpinang yang telah memberikan dorongan serta bimbingan yang berarti dalam pengembangan mesin pengering ikan asin ini.

“Kami berharap mesin pengering ini dapat bermanfaat bagi masyarakat kota Tanjungpinang dan Kepri,” tutup Fitrinaldi dengan penuh harapan.

Wartawan : Sahrul
Editor : M Nazarullah

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *