Diskominfo Tanjungpinang dan BSSN Gelar Rapat Teknis untuk Meningkatkan Keamanan Data

Diskominfo Tanjungpinang dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar rapat teknis untuk membahas rancangan nota kesepakatan terkait pemanfaatan aplikasi Siberchat dan Selection dalam lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang di Senggarang, KamisĀ  (11/07/2024). (F-Diskominfo Tpi)

Tanjungpinang (SN) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tanjungpinang bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar rapat teknis Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD). Tujuan rapat ini untuk membahas rancangan nota kesepakatan terkait pemanfaatan aplikasi Siberchat dan Selection dalam lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Menurut Thamrin Dahlan, perwakilan Diskominfo Tanjungpinang, kolaborasi ini adalah langkah strategis untuk memperkuat keamanan data dan informasi di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

“Penggunaan aplikasi Siberchat dan Selection akan memberikan perlindungan tambahan terhadap ancaman siber yang terus berkembang,” ujar Thamrin di kantor walikota Tanjungpinang di Senggarang, Kamis (11/07/2024).

Aplikasi Siberchat dan Selection ini diharapkan dapat memperkuat jaring komunikasi sandi (JKS) di Kota Tanjungpinang, khususnya dalam penggunaan antar perangkat daerah, internal perangkat daerah, dan pimpinan daerah.

“Hal ini akan membantu meningkatkan kerahasian data dan informasi yang tersebar di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang,” harapnya.

Sementara Laksono Gustami dari BSSN menjelaskan bahwa aplikasi tersebut menggunakan layanan kriptografi untuk melindungi kerahasiaan data elektronik dari tingkat biasa hingga sangat rahasia.

“Implementasi aplikasi ini diharapkan dapat mendukung tata kelola pemerintahan yang transparan, efektif, dan akuntabel,” katanya.

Teguh Susanto, Kepala Diskominfo Kota Tanjungpinang, menyambut baik kerja sama ini sebagai langkah strategis dalam menjaga keamanan data dan informasi di lingkungan pemerintah kota.

“Penerapan aplikasi Siberchat dan Selection yang telah terbukti keamanannya akan membantu meningkatkan efisiensi komunikasi internal pemerintahan,” ujar Teguh.

Wartawan : Sahrul
Editor : M Nazarullah

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *