BAZNAS Provinsi Kepri Catat Peningkatan Pengumpulan Zakat dan Dana Sosial Keagamaan Tahun 2023

– Baznas Kepri Borong 3 Penghargaan di Baznas Awards 2024

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dianugerahi sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Tingkat Provinsi. (F-Diskominfo Kepri)

Tanjungpinang (SN) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatatkan peningkatan yang signifikan dalam pengumpulan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) serta dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) di tahun 2023.

Pada acara Baznas Awards 2024 yang merupakan bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Baznas RI ke-23, BAZNAS Kepri berhasil memborong tiga penghargaan penting. Atas Prestasi ini, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, dianugerahi sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Tingkat Provinsi.

BAZNAS Kepri sendiri meraih penghargaan sebagai Pengumpul Zakat Terbaik tahun 2023 tingkat provinsi dan juga diakui untuk Koordinasi Terbaik Antar Lembaga Tingkat Provinsi.

Ketua BAZNAS Provinsi Kepri Arusman Yusuf, mengatakan, total pengumpulan dana ZIS dan DSKL mencapai angka Rp9.375.583.789, menunjukkan pertumbuhan sebesar 113 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah Rp4.397.800.993.

“Kontribusi terbesar datang dari Dana Zakat Maal Perorangan yang menyumbang sekitar 90 persen dari total dana, dengan jumlah Rp8.405.517.858,” katanya belum lama ini di Tanjungpinang.

Ia menjelaskan, pada periode bulan Maret dan April 2023 lalu, terjadi kenaikan yang sangat signifikan, yang dipengaruhi oleh Peraturan Gubernur Nomor 54 Tahun 2021 dan Surat Edaran Gubernur Tahun 2022 tentang Optimalisasi ZIS. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Dinas Pendidikan memberikan kontribusi terbesar dengan 45 persen dari total pengumpulan.

“Selama bulan Ramadhan 1444 H, pengumpulan dana ZIS dan DSKL juga mengalami peningkatan sebesar 34 persen, dengan total pengumpulan sebesar Rp1.581.060.295,” ujarnya.

BAZNAS Kepri berkomitmen untuk terus meningkatkan pengumpulan ZIS, dengan harapan dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan ini merupakan langkah maju yang penting dalam upaya memperkuat tali solidaritas sosial di Kepulauan Riau.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memberikan penghargaan ini. Ia juga mengapresiasi kinerja Baznas Provinsi Kepri yang telah berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat dan membantu pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan umat.

“Semoga ke depan program di Baznas Provinsi Kepri semakin ditingkatkan, semakin inovatif, dan semakin memberikan kemaslahatan untuk seluruh umat di Provinsi Kepri,” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyampaikan harapan dan dukungan kepada Baznas RI untuk terus meningkatkan peran dan fungsi zakat sebagai instrumen ekonomi syariah yang dapat memberdayakan masyarakat dan mengurangi kesenjangan sosial. ***

Sumber : Baznas Kepri – Pemprov Kepri
Editor : M Nazarullah

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *