Mendagri Minta Pemda Waspada Arus Mudik dan Balik Lebaran Idul Fitri, Periksa Infrastruktur Transportasi

Mendagri Muhammad Tito Karnavian mengingatkan pemerintah daerah (Pemda) untuk waspada terhadap arus mudik dan balik menjelang Lebaran Idul Fitri. Pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Pasokan & Harga Pangan Jelang Puasa dan Idul Fitri 2024 di Jakarta, Senin (04/03/2024) (F-Puspen Kemendagri).

Jakarta (SN) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengingatkan pemerintah daerah (Pemda) untuk waspada terhadap arus mudik dan balik menjelang Lebaran Idul Fitri. Pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Pasokan & Harga Pangan Jelang Puasa dan Idul Fitri 2024 di Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin (04/03/2024).

Mendagri menekankan pentingnya memeriksa infrastruktur transportasi untuk memastikan mobilitas masyarakat berjalan aman dan lancar.

Mendagri mengimbau kepala daerah untuk memperhatikan berbagai transportasi yang digunakan masyarakat, termasuk jalur darat, laut, dan udara. Dia mengingatkan daerah yang memiliki jalan tol untuk tidak lengah terhadap potensi hambatan di jalur lain, seperti pasar tumpah.

“Daerah yang mengandalkan transportasi laut diminta untuk memeriksa kondisi pelabuhan dan fasilitas kapal agar memastikan keselamatan penumpang. Saya menegaskan pentingnya kapal-kapal menyediakan pelampung dan memastikan penumpang menggunakannya,” kata Mendagri.

Menurut Mendagri, langkah-langkah ini diperlukan untuk menghindari korban jiwa dalam kecelakaan di jalur laut. Dia mengingatkan bahwa satu kecelakaan di daerah tertentu dapat mencoreng keselamatan seluruh perjalanan mudik dan balik.

Mendagri menekankan perlunya Pemda memeriksa infrastruktur transportasi sebelum Ramadan dan Lebaran tiba. Langkah ini harus dilakukan dengan koordinasi bersama petugas Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memastikan semua angkutan dilengkapi dengan alat pengaman seperti pelampung.

Sementara Gubernur Kepri Ansar Ahmad belum lama ini mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk dengan pemangku kepentingan di daerah terkait keberadaan insfrastruktur transportasi laut menjelang arus mudik saat puasa dan juga Idul Fitri 2024, termasuk memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat di seluruh provinsi Kepri.

“Kita terus melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk menghadapi arus mudik antar pulau di Kepri, dan juga memastikan ketersediaan kebutuhan masyarakat aman dan terkendali harganya,” kata Ansar di kantor BPS Provinsi Kepri . ***

Sumber : Puspen Kemendagri/ Riko
Editor : Nazarullah

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *