Wisman Jepang dan Australia Masuk Perdana 2023 Ke Bintan, Kepri

Penjemputan wisman perdana tahun 2023 di Kabuapten Bintan, Kepri, Minggu (1/1/2023) (F/Ar)

Bintan (SN) – Warga negara asal Jepang dan Australia menjadi wisatawan mancanegara (Wisman) perdana yang masuk ke kawasan pariwisata Lagoi, Bintan, Provinsi Kepri pada awal tahun 2023 melalui Terminal Ferry Bandar Bintan Telani (BBT), Minggu (1/1/2023).

Kedatangan wisman disambut langsung oleh Asisten Pemprov Kepri Luki Zaiman Prawira, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Kadispar Bintan Arief Sumarsono, GGM PT BRC Abdul Wahab serta Pimpinan FKPD Bintan.

Luki Zaiman yang mewakili Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, mendukung langkah yang dilakukan pihak pengelola wisata di Lagoi dan juga pemerintah Bintan dalam upaya peningkatan kunjungan wisman di tahun 2023 pasca pandemi Covid-19.

“Kita berharap sektor pariwisata di Bintan dan umunya di Kepri tahun 2023 ini akan membaik dan akan jauh mengalami peningkatan. Saat ini kita mengawali dengan menjemput wisman perdana 2023 di Bintan,” kata Luki.

Luki Zaiman yang juga merupakan Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri ini menuturkan, terkait pariwisata ini Gubernur Kepri telah mengeluarkan keputusan Nomor 1263 tahun 2022 tentang, Destinasi Pariwisata, Kawasan Strategis Pariwisata dan Daya Tarik Wisata Provinsi Kepri.

Hal itu seiring dengan keputusan Presiden yang tidak akan memperpanjang dan melaksanakan PPKM lagi. Pernyatan presiden tersebut sebagai kode atau lampu hijau untuk memberitahu bahwa pariwisata kembali di buka dengan selebar-lebarnya.

“Saya yakin, kebangkitan pariwisata di Kepri akan kembali bangkit dan kunjungan wisatawan asing akan datang ke Kepri lagi dengan jumlahnya jauh lebih signifikan,” harapnya.

Sementara Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab, mengatakan ada 2 pasangan suami istri dari Jepang dan Australia yang ditetapkan sebagai wisman perdana ke Bintan.

“Mereka yang pertama menginjakan kakinya di Bintan awal tahun 2023 yakni, dari Jepang dan satu lagi dari Australia,” ujar Wahab.

Mereka berangkat bersama 97 wisman lainnya dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura dengan menumpang Kapal Ferry Aria Bupala menuju Terminal Ferry BBT Lagoi.

“Di hari ini ada 4 trip kedatangan wisman berbagai negara ke Bintan melalui Singapura. Kedatangan pertama 97 wisman, kedua 240 wisman, ketiga 214 dan keempat 200. Jadi jumlahnya yang datang di hari ini sekitar 753 orang,” tuturnya.

Dengan ditetapkannya mereka menjadi wisman perdana, kata Wahab, PT BRC memberikan hadiah dan penghargaan kepada kedua pasangan suami istri tersebut. Dimulai dari voucher menginap gratis di Nirwana Gardens dan Grand Lagoi By Willson. Lalu makan dan minum gratis seharian di F&B The Anmon, dan Tiket BRF Pulang dan Pergi (PP) Singapura-Bintan.

“Ini sebagai bentuk rasa gembira, bahagia dan penghargaan pihak perusahaan kepada wisman yang berkunjung ke Bintan. Semoga dengan semua ini kunjungan wisman semakin meningkat di 2023,” katanya.

PT BRC bersama pemerintah daerah (Pemda), baik itu Pemkab Bintan maupun Pemrov Kepri terus berupaya mendongkrak kunjungan wisman sebanyak-banyaknya. Mulai dari pegelaran even berskala internasional, promosi paket wisata serta kembali melakukan carter flight dari beberapa kota di Cina langsung ke Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF).

Jika carter flight disetujui maka akan datang 1.000 wisman dari Cina ke Pulau Bintan dalam sehari. Mereka datang kesini dengan menumpangi 5 penerbangan langsung ke Tanjungpinang.

“Jadi satu kali penerbangan itu bisa mendatangkan 200 orang. Jika 5 penerbangan maka 1.000 wisman dari Cina berkunjung ke Pulau Bintan,” ucapnya. (SN)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *