Siap Sukseskan Pemilu 12 Anggota Panwascam Se-Tanjungpinang Terpilih

Tanjungpinang (SN) – Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Tanjungpinang terpilih. Ada 12 anggota panwascam yang siap menyukseskan Pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang di tingkat Kecamatan.

Ke 12 orang terpilih ini diumumkan langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang, Rabu (26/10/2022).

Zaini menyampaikan, penetapan dan mengumumkan 12 orang terpilih sebagai anggota panwascam se-Kota Tanjungpinang, melalui Surat Pengumuman Nomor : 060/KP.01.00/K.KR-06/10/2022,  26 Oktober 2022. Untuk informasi nama-nama yang lulus dapat dilihat melalui Website atau Media Sosial Bawaslu Kota Tanjungpinang, maupun melihat di papan pengumuman di Kantor Bawaslu Kota Tanjungpinang.

“Dari 122 pendaftar terpilih 12 orang. Nantinya ke 12 orang ini dibagi di 4 Kecamatan se-Kota Tanjungpinang, yang masing-masing Kecamatan 3 orang,” katanya, Kamis (27/10/2022).

Zaini yang juga sebagai Kordiv SDM, Organisasi, Diklat, Data dan Informasi menambahkan, 12 orang yang terpilih merupakan hasil dari rangkaian tahapan proses seleksi administrasi, tes tertulis dan tes wawancara, serta hasil tracking Sipol KPU, dan tracking catatan rekam jejak di Polresta Tanjungpinang.

Proses tahapannya merujuk dengan ketentuan Undang-Undang No. 7 Tahun 2017, Perbawaslu No. 8 Tahun 2019, dan Keputusan Ketua Bawaslu No. 354/HK.01/K1/10/2022.

“Tahapan panjang ini sebagai proses agar terpilihnya Panwascam yang berintegritas dan profesionalitas dalam mengawal pesta demokrasi,” tuturnya.

Untuk selanjutnya tambahnya, anggota Panwascam terpilih akan dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, sekaligus pembekalan orientasi pada 29 Oktober 2022 mendatang di Hotel CK Tanjungpinang dan harus  membawa surat keterangan bebas narkoba dari instansi yang berwenang.

“Orientasi ini sebagai pembekalan agar Panwascam terpilih semakin memahami tugas, kewenangan, kewajibannya sesuai peraturan perundang-undangaan, dan persiapkan kerja-kerja pengawasan,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Anggota Bawaslu Kota Tanjungpinang lainnya, Novira Damayanti  mengatakan ke12 Panwascam terpilih harus menjaga integritas diri, jujur dan adil, serta bekerja secara profesional berpedoman dengan peraturan dan perundangan dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024.

“Mari bangun soliditas dengan sesama internal Panwascam dan kerjasama yang baik dengan antar lembaga lainnya, serta cegah dan awasi potensi kerawanan pelanggaran tahapan Pemilu,” ujarnya. (SN)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *