Stok Beras Bulog Tanjungpinang Aman, Harga Beras Masih Terjangkau bagi Masyarakat Kepri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Kepala BPS Provinsi Kepri saat memberikan keterangan pers di Tanjungpinang, Jumat (01/03/2024) (F-M Hazrullah)

Tanjungpinang (SN) – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, menyatakan bahwa ketersediaan bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat secara keseluruhan dalam keadaan aman, meskipun ada kenaikan harga komoditas tertentu yang masih tergolong wajar.

Menurut Ansar, kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri adalah hal yang biasa, dan terjadi setiap tahun juga di semua daerah.

“Untuk harga beras Bulog masih stabil di pasar dan stoknya juga masih sangat cukup. Sementara untuk beras premium juga tersedia meskipun harganya mengalami sedikit kenaikan,” kata Ansar saat mengunjungi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepri di Tanjungpinang, Jumat (1/03/2024).

Ansar juga menyebutkan bahwa stok beras Bulog masih mencukupi dan bahkan tersedia untuk 4 bulan ke depan. Oleh karena itu, secara keseluruhan harga beras di Kepri dianggap aman dan mencukupi.

Namun, Ansar menekankan bahwa pihaknya bersama Tim Pengendali Alokasi Dana (TPAD) Kepri akan fokus memantau kenaikan harga telur, daging, dan minyak goreng.

“Kenaikan harga kebutuhan di luar beras itu terjadi setiap tahun menjelang bulan puasa dan Idul Fitri. Kita akan terus pantau harga-harga kebutuhan tersebut dan berusaha mengendalikannya agar tidak memberatkan masyarakat,” ujarnya.

Ansar juga menghimbau masyarakat Kepri agar tidak berlebihan dalam menyikapi kebutuhan pokok menjelang puasa dan lebaran ini, terutama dalam hal pembelian dengan jumlah besar.

“Beli sesuai kebutuhan saja, sehingga tidak terjadi peningkatan harga di pasar. Masyarakat tidak perlu khawatir karena stok barang kebutuhan masih mencukupi,” katanya.

Stok beras di Bulog Tanjungpinang juga diketahui masih mencukupi dan aman untuk 4 bulan ke depan. Untuk harga beras Bulog atau beras PSHP di pasaran, harganya masih dalam kisaran normal.

“Harga beras SPHP di pasaran paling tinggi Rp11.500 per kilogram, sedangkan beras premium PSHP di pasaran Rp16.000 hingga Rp16.500 per kilogram,” ungkap Kepala Bulog Cabang Tanjungpinang, Arief Alhadihaq.

Wartawan : M Hazrullah
Editor : Sutana

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *