Serasa di Jepang, Wisata Bunga Sakura di Bintan

Masyarakat berfoto dengan latar belakang bunga sakura yang tengah berbunga di Taman Kota Kijang, Bintan. (F/Sutana)

Bintan (SN) – Bunga Sakura ternyata tidak hanya hidup dan tumbuh dengan baik di daerah asalnya di Jepang atau di Korea yang memiliki empat musim yakni musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Ternyata bunga Sakura juga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di iklim teropis seperti di Indonesia.

Salah satunya bunga sakura yang tumbuh dan berkembang dengan baik berada di kawasan Taman Wisata Kota Kijang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bahkan pada bulan Februari 2023 ini, bunga sakura berbunga dan mekar dengan warna pink yang cantik.

Mekarnya bunga asal negeri Matahari Terbit atau Jepang tersebut menjadi perhatian masyarakat sekitar taman dan khusunya warga Kijang. Namun tidak sedikit masyarakat dari luar Kijang seperti dari Tanjung Uban, Kawal, Trikora dan juga masyarakat dari Tanjungpinang bahkan dari Kota Batam datang untuk melihat langsung bunga sakura yang sedang mekar tersebut.

Dengan mekarnya bunga sakura ini, objek wisata Taman Kota Kijang ini menjadi lebih ramai dikunjungi oleh masyarakat yang berwisata, terlebih pada saat hari libur lebih ramai dikunjungi. Dengan bunga sakura yang tengah berbunga dan mekar menjadi lokasi bersua foto.

Taman Wisata Kota Kijang letaknya tidak jauh dari pusat ibu kota Provinsi Kepri Tanjungpinang, Bila dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang lokasi wisata ini dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor atau mobil yang jaraknya kurang lebih 20 kilo meter, dan bila ditempuh sekitar 20-30 menit saja.

Selain itu keberadaan Taman Wisata Kota Kijang ini terdapat kolam yang cukup besar dan bersebelahan langsung dengan objek wisata lainnya yakni kebun binatang mini atau mini zoo dan masih di sekitar kolam wisata ini juga  terdapat pusat kuliner dengan beraneka ragam makanan, sehingga objek wista ini bisa dijadikan sebagai atensi untuk berlibur bersama keluarga.

Masyarakat melihat dari dekat bunga sakura yang berbunga dan mekar di Kijang, Bintqn (F/Mas)

Salah satu warga Tanjungpinang Azmi yang mengaku dari Batu 9 ini sengaja datang dengan semua keluarganya untuk melihat bunga sakura yang sedang berbunga dan mekar.

Azmi mengaku mengetahui bunga sakura mekar ini dari teman yang memposting di media sosial. Setelah memastikan pada teman itu, apakah benar bunga sakura sedang berbunga dan mekar dirinya pergi bersama keluarga.

“Saya dan keluarga langsung pergi melihat. Ya sekalian wisata lokal lah, kan jaraknya tidak jauh dari rumah. Ya sekalian foto-foto kan bunga sakura berbunga setahun sekali,” katanya, Kamis (16/2/2023).

Ia juga menambahkan, dirinya dan keluarga selalu datang ke objek wisata Taman Kota Kijang ini bila bunga sakura ini sedang berbunga.

“Ya serasa wisata ke Jepang lah. Kan bunga ini asalanya dari Jepang dan berbunga setahun sekali,” ujarnya.

Sebelumnya juga tambahnya, dirinya kerap datang ke objek wisata ini karena di sekitar objek wisata ini ada juga objek wisata kebun binatang mini atau mini zoo yang masih satu komplek dengan objek wisata ini.

“Dulu ada mini zoo juga. Biasanya setelah menikmati kolam ini baru ke mini zoo atau sebaliknya dari mini zoo baru ke kawasan kolam ini. Sekarang mini zoo koleksi binatangnya berkurang,” tuturnya.

Azmi juga mengatakan, bahwa Taman Kota Kijang ini juga bisa dinikmati pada malam hari, terutama pada hari Sabtu dan Minggu, Dimana di kolam ini ada air mancur yang berwarna warni karena di lengkapi pencahanyaan dan diiringi musik seolah air itu menari-nari mengikuti irama.

“Ya pada malam hari air mancur di hidupkan, ya untuk hiburan bersama anak-anak dan keluarga sangat asik lah. Dan bila mau makan tidak jauh dari sini ada pusat jajanan. Pokoknya asik lah untuk wisata keluarga,” tuturnya lagi.

Hal senada sisampaikan Lina yang juga dari Tanjungpinang mengaku senang bisa melihat bunga sakura yang sedang berbunga dan mekar itu. Ia kagum dengan bunga yang berasal dari Jepang itu bisa hidup dan berkembang dengan baik.

“Saya sekalian bawa keluarga termasuk mama, untuk melihat bunga ini. Karena bunga ini berbunga dan mekar setahun sekali, dan berbunga pada bulan tertentu saja,” katanya.

Dengan berbunga dan mekarnya bunga sakura ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berwisata ke Taman Kota Kijang ini. Yang tentunya membawa berkah tersendiri bagi pedagang yang ada di lokasi tersebut. 

“Alhamdulillah dagangan laku dibeli pengunjung yang melihat bunga sakura ini. Semakin sore semakin banyak masyarakat yang datang ke taman ini,” kata Rizal yang menjajakan es krim.

Perlu diketahui bunga sakura ternyata ada di Kota Batam, tepatnya di Kawasan Industri Batam Indo, Mukakuning.  Pohon Sakura itu tumbuh subur dan setiap tahunnya juga berbunga yang tentunya menjadi objek wisata. (SN)

Sumber : Sketsanews

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *