Jadi Irup HUT RI ke 77, Gubernur Kepri Ajak Berjuang Lebih Keras

Pengibaran bendera merah putih pada peringatan HUT RI Ke-77 tingkat Provinsi Kepri 2022 (f/ist)

Tanjungpinang (SN) – Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2022.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-77 Provinsi Kepri digelar di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (17/8/2022). Upacara dimulai tepat pukul 07.30 Wib pagi dan diikuti dengan penuh khidmat oleh pasukan upacara.

Hadir dalam Upacara ini Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Mantan Pj. Gubernur Kepri Agung Mulyana, Ketua TP-PKK Kepri Dewi Kumalasari Ansar, Forkopimda Kepri atau yang mewakili, Sekdaprov Kepri Adi Prihantara, Tim Percepatan Pembangunan, Pejabat Fungsional Utama, Para Staf Ahli, Asisten, dan Kepala OPD Pemprov Kepri, Pimpinan Instansi Vertikal, serta Ketua dan Pengurus LAM Kepri.

Bertindak sebagai Perwira Upacara Dansatbrimob Polda Kepri Kombespol Mohamad Rendra Salipu dan Sebagai Komandan Upacara AKBP Nanang Indra Bakti. Kemudian Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak sebagai pembaca Teks Proklamasi, Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto sebagai pembaca doa, dan Dinar Rai Pangestu sebagai pembaca Pembukaan UUD 1945.

Putra putri terbaik Kepri yang telah lulus seleksi menjadi Paskibraka menunaikan tugas dengan baik sehingga prosesi pengibaran Bendera Merah Putih berjalan baik dan lancar.

Pasukan 8 Pengibaran terdiri dari Nurjihan Sayyida Yudya sebagai Pembawa Baki, Dayla Cita Amanda S sebagai Cadangan Pembawa Baki, Egha Ramadhan Inggaris sebagai Penggerek, Jagra Faig Nagata sebagai Pengulur, Danish Wikra Dhiyaulhaq sebagai Pembentang, Tri April Yani, Muhammad Fathirahmano Deca, dan Sakira Putri Ramadhani sebagai anggota.

Pasukan Upacara terdiri dari Ton Korem 033/WP, Ton Lantamal IV, Ton Lanud RHF, Ton POLRI, Ton Satpol PP, Ton ASN Korpri, Ton Pelajar SMA, Ton Siswa SMK Pramuka, Ton Mahasiswa Umrah, Menwa, Pramuka Kwarda, Tagana Prov Kepri, Karang Taruna, dan Purna Paskibraka.

Gubernur Ansar dalam pidatonya menyampaikan pada hari ini bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 sebagai wujud refleksi perjuangan dan bagian bersejarah dalam eksistensi Negara Republik Indonesia.

“Ini tidak terlepas dari perjuangan-perjuangan para pendiri bangsa. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ir.Soekarno bahwa, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya” ujar Gubernur.

Gubernur pun menyampaikan mandat Presiden RI Jokowi untuk tidak lengah dalam menekan perkembangan Covid-19 yaitu vaksinasi secepat mungkin untuk melindungi masyarakat Indonesia dari Covif-19. Dimana vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepuri sudah mencapai Dosis I 98,59%, Dosis II 85,16% dan Dosis III (Booster) 51,06%.

“Hal tersebut sudah di atas target vaksinasi rata-rata nasional yaitu sebesar 70% untuk dosis I dan II, serta 50% untuk dosis III (Booster). Presiden juga memerintahkan untuk mengatasi pandemi dengan berbagai program dan inisiatif untuk mengendalikan situasi Covid-19 di Indonesia, serta transformasi sistem kesehatan Indonesia untuk memajukan masyarakat Indonesia yang sehat dan kuat, termasuk di Provinsi Kepri,” papar Ansar.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga memamerkan capaian Provinsi Kepri sampai dengan saat ini dimana Ekonomi Kepri tumbuh sebesar 2,18%, yang mana pada kuartal pertama tahun 2022 tumbuh 2,83 % dan pada kuartal kedua melejit menjadi 5,01%. Dalam lingkup regional PDRB Kepulauan Riau triwulan I-2022 memberikan kontribusi sebesar 7,27 % terhadap PDRB Pulau Sumatera.

Terakhir, Gubernur menekankan kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Menurutnya tidak ada perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa. Ia mengajak momen ini untuk dijadikan ajang evaluasi dan memperbaiki diri.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi dan kita akan terus bersama-sama dalam berkontribusi untuk menghadapi tantangan-tantangan global sebagai perwujudan harapan untuk bersama “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, sebagai cerminan rasa optimis, dinamis, bersinergi, tegas dan lugas” tutupnya. (SN)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *