Pemprov Kepri Menargetkan Membangun Rumah Suku Laut 200 Unit dengan Anggaran 7 Miliar di Lingga

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama rombongan melaksanakan kunjungan kerja dengan meninjau proyek pembangunan rumah suku laut di Desa Tajur Biru, Kabupaten Lingga, Senin (20/11/2023) (F/Diskominfo Kepri)

Lingga (SN) – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama rombongan melaksanakan kunjungan kerja dengan meninjau proyek pembangunan rumah suku laut di Desa Tajur Biru, Kabupaten Lingga, Senin (20/11/2023).

Kedatangan rombongan gubernur di Desa Tajur Biru disambut hangat oleh masyarakat setempat yang merupakan bagian dari suku laut. Di lokasi tersebut, Ansar melakukan peninjauan langsung terhadap 13 unit rumah suku laut yang saat ini sedang dalam proses pembangunan, dengan target penyelesaian pada akhir Desember 2023.

“Dalam kunjungan hari ini, kita meninjau perkembangan pembangunan rumah-rumah suku laut di sini yang sudah mencapai tahap 70 persen. Kami meminta kepada Dinas Perkim untuk mempercepat penyelesaiannya menjelang akhir Desember agar dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat di sini,” ujar Ansar.

Tahun 2023 menjadi momentum bagi Pemerintah Provinsi Kepri dalam kolaborasi dengan Pemerintah pusat untuk membangun minimal 200 unit rumah bagi suku-suku laut yang berada di Kabupaten Lingga. Proyek ini didukung dengan anggaran sebesar Rp7 miliar, dengan estimasi anggaran masing-masing unit sebesar Rp35 juta.

“Kita sadari bahwa Kepulauan kita ini memiliki kekayaan laut yang sangat besar. Oleh karena itu, perlunya perhatian khusus terhadap suku-suku laut ini. Kami juga akan memperhatikan kegiatan-kegiatan teknis mereka, seperti dalam aktivitas menangkap ikan dan hal lainnya. Lokasi rumah yang dibangun ini dipilih dengan pertimbangan yang baik karena menghadap langsung ke laut. Setelah proyek ini selesai, kami akan mengurus aspek-aspek lain seperti listrik dan lainnya,” lanjut Ansar.

Ansar menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri secara bertahap akan memperhatikan daerah-daerah yang masih dianggap terisolir, baik dalam hal akses jalan maupun akses jaringan lainnya.

“Kami memiliki tekad yang kuat untuk membangun Kepri secara merata. Kami mengajak semua pihak untuk bersatu dalam upaya mencapai kesejahteraan bagi masyarakat Kepri,” tutupnya, menegaskan komitmennya dalam upaya memajukan seluruh wilayah di Kepulauan Riau. (***)

Sumber : Pemprov Kepri
Editor : Sutana

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *