Embarkasi Batam Jadi Sorotan: Itjen Kemenag Pastikan Standar Layanan Haji Terpenuhi

Batam (SN) – Penyelenggaraan ibadah haji di embarkasi Batam dan seluruh embarkasi di Indonesia selalu menjadi perhatian serius dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI.
Tujuannya jelas memastikan semua layanan yang diberikan kepada jemaah haji sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), transparan, dan akuntabel, agar kualitas pelaksanaan ibadah haji terus meningkat. Dengan begitu, kenyamanan dan keamanan jemaah dapat terjamin dengan maksimal.
Auditor Itjen Kemenag RI, M Irsan memantau langsung pemberangkatan jemaah kloter 19 embarkasi Batam (BTH) di Ruang Tunggu A9 Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (21/5/2025). Sebanyak 443 jemaah dari Jambi, terdiri dari 229 jemaah asal Tanjung Jabung Barat dan 208 jemaah asal Bungo, berangkat bersama 2 Petugas Haji Daerah (PHD) dan 4 petugas kloter.
Irsan menjelaskan bahwa pemantauan dilakukan di seluruh embarkasi Indonesia untuk memastikan pelayanan yang diberikan berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan.
“Kami memang dari Inspektorat Kementerian Agama, sebagaimana dijelaskan oleh Irjen untuk melakukan pemantauan pelayanan yang ada di seluruh embarkasi se-Indonesia tahun 2025,” ujarnya, usai berbincang dengan para jemaah.
Baca Juga : PPIH Terbitkan Kebijakan Baru: Jemaah Haji yang Terpisah Kini Bisa Bersatu Kembali di Makkah
Tak hanya pada penerimaan jemaah, Irsan juga menekankan pentingnya pemantauan terhadap fasilitas yang tersedia di embarkasi. Mulai dari penerimaan jemaah yang harus sesuai dengan prosedur one stop service hingga kualitas fasilitas seperti kamar dan kondisi asrama yang harus selalu terjaga kebersihannya.
Itjen Kemenag juga memperhatikan layanan lain yang tidak kalah penting, seperti konsumsi, layanan kesehatan, dan perhatian terhadap jemaah lansia.
“Kami ingin memastikan makanan yang disediakan memenuhi standar kesehatan dan kontrak. Layanan kesehatan serta layanan prioritas bagi lansia juga menjadi perhatian kami,” jelas Irsan.
Tak hanya itu, pemantauan juga meliputi aspek transportasi jemaah menuju bandara. Irsan memastikan bahwa kendaraan yang digunakan untuk membawa jemaah juga telah memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan yang ditetapkan.
Baca Juga : Jelang Puncak Haji, Kolonel Harun Arrasyid Bangkitkan Semangat Petugas Haji
Saat ditanya mengenai harapan Itjen Kemenag terhadap pelaksanaan haji tahun ini, Irsan menyampaikan optimisme agar ibadah haji tahun 2025 dapat berjalan lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
“Harapannya, pelaksanaan haji tahun ini menjadi yang terbaik, karena kemungkinan besar ini merupakan penyelenggaraan haji terakhir yang dilakukan oleh Kemenag sebelum nantinya diserahkan kepada Badan Penyelenggara Haji (BPH),” ujarnya lagi.
Irsan menegaskan bahwa keberhasilan penyelenggaraan haji bukan hanya tanggung jawab Kemenag, tetapi juga merupakan kerja keras semua pihak, termasuk PPIH embarkasi.
“Mudah-mudahan apa yang diharapkan tercapai, dan itu tentu menjadi perhatian kita semua, termasuk teman-teman di PPIH embarkasi,” tutupnya dengan penuh harapan. (AP-SN)
Editor : Mukhamad