Fast Track Haji: Jemaah Karimun Nikmati Layanan Satu Pintu di Embarkasi Batam

119 Calon Jemaah Haji (CJH) Kloter 1 asal Kabupaten Karimun musim haji 1446 H/2025 M mendapatkan kemudahan lewat layanan One Stop Service (OSS) yang terintegrasi di Asrama Haji Batam, Kamis (1/5/2025). (F-Kemenag)

Batam (SN) – Sebanyak 119 Calon Jemaah Haji (CJH) Kloter 1 asal Kabupaten Karimun musim haji 1446 H/2025 M tiba dengan selamat di Embarkasi Batam, pada Kamis (1/5/2025). Rombongan yang menumpang kapal Miko Natalia ini disambut hangat oleh panitia penyambutan di Asrama Haji Batam, didampingi petugas dari Kantor Kementerian Agama serta panitia haji daerah.

“Alhamdulillah, JCH Kabupaten Karimun sudah sampai di Embarkasi Batam dengan selamat,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Karimun, H. Riadul Afkar.

Setibanya di lokasi, para jemaah langsung diarahkan menjalani proses akhir sebelum keberangkatan menuju Tanah Suci, yang dijadwalkan pada Jumat, (2/5/2025). Kloter pertama ini akan diberangkatkan dari Batam menuju Madinah menggunakan maskapai Saudia Airlines (SV 5211) pukul 07.05 WIB dan diperkirakan mendarat di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz, Madinah, pukul 12.25 WAS.

Menariknya, tahun ini para jemaah mendapatkan kemudahan lewat layanan One Stop Service (OSS) yang terintegrasi. Layanan ini mencakup pemeriksaan kesehatan, pembagian paspor dan tiket, penyerahan living cost, hingga gelang identitas jemaah semuanya dilakukan dalam satu alur yang efisien di Asrama Haji Batam.

Baca Juga : 445 Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Batam Resmi Diberangkatkan, Gubernur: “Perjalanan Haji Adalah Perjalanan Air Mata”

Petugas dari Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Batam turut melakukan verifikasi data kesehatan, termasuk tes kehamilan bagi wanita usia subur, serta edukasi kesehatan guna memastikan kesiapan jemaah secara fisik dan mental.

Khusus bagi jemaah lansia dan penyandang disabilitas, jalur cepat (fast track) disediakan untuk mempercepat proses dan meminimalisir kelelahan selama proses keberangkatan.

Riadul Afkar mengapresiasi upaya pemerintah dan panitia dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah. Ia berharap, layanan ini dapat membantu jemaah untuk lebih tenang dan fokus dalam menjalani ibadah.

“Dengan adanya layanan fast track ini, seluruh prosedur keberangkatan menjadi lebih cepat dan efisien. Harapan kami, para jemaah bisa memulai ibadah dengan tenang dan hati yang khusyuk,” ungkapnya. (SN)

Editor ” M Nazarullah

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *