Pemilu 2024 Indonesia: Aman, Lancar, dan Damai, Mendagri Syukuri Capaian Terbesar

Mendagri M Tito Karnavian meyalami pimpinan pada Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan agenda Evaluasi Tahapan Pemilu Serentak 2024 di Ruang Rapat Komisi II DPR RI, Jakarta, Senin (25/03/2024) (F-Puspen Kemendagri)

Jakarta (SN) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyatakan rasa syukurnya atas berlangsungnya Pemilu 2024 yang relatif aman, lancar, dan damai. Pemilu tersebut merupakan yang terbesar di dunia karena berlangsung dalam satu hari.

Mendagri menjelaskan perbedaan pemilu di Indonesia dengan negara besar lainnya seperti Amerika dan India, yang prosesnya tidak berlangsung dalam satu hari.

“Sehingga, Indonesia merupakan negara demokrasi dengan pemilu dalam satu hari terbesar,” jelasnya pada Rapat Kerja Komisi II DPR RI dengan agenda Evaluasi Tahapan Pemilu Serentak 2024 di Ruang Rapat Komisi II DPR RI, Jakarta, Senin (25/03/2024) melalui siaran tertulisnya yang diterima media ini.

Mendagri mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam kesuksesan pemilu, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan pihak terkait lainnya.

Meskipun Tito tidak menampik dan mengakui adanya kekurangan dalam Pemilu 2024, Mendagri menegaskan bahwa pemilu di Indonesia terus mengalami perbaikan dibandingkan pada masa Orde Baru. Saat ini, pemilu di Indonesia berlangsung secara terbuka, bebas, dan rahasia, serta didukung oleh lembaga independen.

“Proses rekapitulasi secara manual atau real count juga disiarkan secara langsung, mulai dari tingkat kabupaten maupun kota. Hal ini menunjukkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses demokrasi,” ujarnya.

Editor : M Nazarullah

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *