Kajati Kepri Resmikan Command Center Adhyaksa Kemaritiman dan Kepelabuhanan

– Optimalisasi PNBP dan Penegakan Hukum di Sektor Kelautan

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau (Kepri) meresmikan Ruang Command Center Adhyaksa Kemaritiman dan Kepelabuhanan di Kantor Kejati kepri di Senggarang, Tanjungpinang, Senin (25/03/2024) (F-Sahrul)

Tanjungpinnag (SN) – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepulauan Riau (Kepri) meresmikan Ruang Command Center Adhyaksa Kemaritiman dan Kepelabuhanan. Command Center ini bertujuan untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan sinergitas penegakan hukum di sektor kelautan.

Peresmian ini dilakukan di Kantor Kejaksaan Tinggi Kepri di Senggarang, Kota Tanjungpinang, pada Senin (25/03/2024) dan ditandai dengan pemotongan pita oleh Gubernur Kepri Ansar dan Kajati Kepri Rudi Margono.

Selain Ruang Command Center Adhyaksa Kemaritiman dan Kepelabuhanan, juga diresmikan Pendopo Justicia, yang merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi Kepri. Inisiatif Command Center Adhyaksa Kemaritiman dan Kepelabuhanan ini berasal dari Kajati Kepri Rudi Margono dan merupakan kolaborasi antara Kejati Kepri dengan Pemprov Kepri, serta melibatkan berbagai instansi vertikal sektor kelautan.

Kajati Kepri Rudi Margono menyatakan bahwa Command Center ini dapat menjadi model untuk penegakan hukum maritim dan optimalisasi PNBP di seluruh Indonesia, mengingat Provinsi Kepri merupakan provinsi kelautan terbesar di Indonesia.

“Command Center ini akan digunakan untuk memonitor dan mengelola lalu lintas maritim, serta menyediakan data penting untuk penegakan hukum dan pengawasan kelautan. Sistem ini melibatkan kerjasama dengan instansi seperti Kanwil Bea Cukai Kepri, KSOP Tanjungpinang dan Batam, Pelindo Tanjungpinang, dan instansi lainnya,” jelasnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengapresiasi Kejati Kepri atas inovasi ini, yang dianggapnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kelestarian laut dan mendukung pengawasan kelautan.

“Inovasi yang dihadirkan oleh Kejaksaan Tinggi Kepri sangat dibutuhkan, menandakan pentingnya kerja sama lintas sektoral khususnya urgensi dalam menjaga kelestarian laut dan mendukung pengawasan kelautan,” kata Ansar

Dia juga mengajak seluruh stakeholder, terutama jajaran Pemerintah di Provinsi Kepri, untuk memanfaatkan Command Center ini sebagai wadah untuk memonitor lalu lintas maritim dan menyediakan data penting untuk penegakan hukum dan pengawasan kelautan.

Wartawan : Sahrul
Editor : M Nazarullah

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *