PT. Pelni Cabang Tanjungpinang Berikan 1.000 Tiket Kapal Gratis untuk Mudik Lebaran

Salah satu kapal penumpang PT Pelni yang melayani rute di Kepulaun Riau melintas di depan pelabuhan  Sri Bintan Pura (SBP), Tanjungpinang belum lama ini. PT Pelni cabang Tanjung[inang pada lebaran 2024 ini menyediakan 1,000 tiket gratis. (F-Sahrul)
Tanjungpinang (SN) – PT. Pelni Cabang Tanjungpinang akan menyediakan 1.000 tiket kapal mudik gratis untuk warga yang berada di Pulau Bintan (Kota Tanjungpinang – Kabupaten Bintan) dalam rangka perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024.

Mudik gratis ini akan dilayani oleh dua kapal yang selama ini beroperasi di Keepulauan Riau (Kepri) yakni, kapal KM Bukit Raya dan KM Umsini, dan direncanakan akan berlayar dari Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Kabupaten Bintan.

Kepala Cabang PT. Pelni Tanjungpinang, Putra Kencana, menyatakan KM Bukit Raya akan melayani mudik gratis untuk 200 penumpang dengan tujuan Kabupaten Anambas dan Natuna. Sementara KM Umsini, menuju Tanjung Priok, menyediakan tiket gratis sebanyak 200 penumpang, tujuan Makasar 200 penumpang, dan tujuan Lewoleba, Baubau, hingga Kupang sebanyak 100 penumpang.

“Total tiket gratis yang kita siapkan kurang lebih sebanyak hampir 1.000 orang penumpang,” kata Putra Kencana di Tanjungpinang, Rabu (20/03/2024).

Ditambahkannya, pemudik yang ingin mendapatkan tiket gratis ini, harus melakukan pendaftaran secara langsung di Kantor Pelni Tanjungpinang, yang berada di Jalan Ahmad Yani Tanjungpinang dan buka tiap jam kantor. Calon penerima tiket gratis tidak diperbolehkan diwakilkan, dan wajib membawa KTP asli beserta fotokopi.

“Namun, jika mewakili keluarga, bisa membawa Kartu Keluarga asli dan KTP masing-masing,” Ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kapasitas normal KM. Umsini adalah 2.000 penumpang, sementara KM. Bukit Raya adalah 962 penumpang. Namun, untuk melayani mudik lebaran ini, dua kapal tersebut mendapat dispensasi untuk mengangkut penumpang melebihi kapasitas normal, yaitu sebanyak 30 persen dari kapasitasnya.

Wartawan : Sahrul
Editor : M Nazarullah

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *