Wakil Presiden Maruf Amin Sampaikan Pesan Ramadan di Tanjungpinang

Wakil Presiden RI K.H. Maruf Amin melaksanakan safari Ramadhan dengan melaksanakan Salat Isya dan Tarawih berjamaah bersama ribuan jamaah di Masjid Besar Al Uswah, Tanjungpinang, Kamis (14/03/2024) malam. (F-Dok Diskominfo Kepri)

Tanjungpinang (SN) – Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Maruf Amin tiba di Tanjungpinang berkesempatan melaksanakan safari Ramadhan dengan melaksanakan Salat Isya dan Tarawih berjamaah bersama ribuan jamaah di Masjid Besar Al Uswah, Jl. D.I Panjaitan, Km. 10, Tanjungpinang, Kamis (14/03/2024) malam.

Dalam tausiah Ramadan, Wapres Maruf Amin menyampaikan pesan dan ilmu mengenai hikmah, maslahat, dan manfaat syariat. Beliau menyatakan rasa syukur dapat beribadah di Tanjungpinang sebagai bagian dari kunjungan kerjanya ke Kepulauan Riau.

“Alhamdulillah, bersyukur saat ini berada di Kepri dalam rangka menghadiri acara Kepulauan Riau Ramadan Fair 2024 dan malam ini bisa ikut shalat tarawih bersama bapak ibu sekalian,” ucap Wapres.

Baca juga : Wakil Presiden RI Maruf Amin Tiba di Tanjungpinang untuk Buka KURMA 2024

Dalam khutbahnya, Wapres Maruf Amin menekankan pentingnya hikmah, maslahat, dan manfaat dalam setiap syariat. Beliau menjelaskan bahwa tidak ada ajaran yang tidak memiliki dampak dan nilai.

“Syariat itu bangunannya, asasnya, dibangun di atas hikmah, bermakna, dan kemaslahatan hamba itu sendiri. Puasa yang kita jalankan punya hikmah, maslahat, dan manfaat baik untuk diri kita sendiri maupun untuk keberadaan kita dalam kehidupan sosial,” kata Wapres.

Wapres juga menyoroti pentingnya mengendalikan nafsu, sesuai ajaran dalam ibadah puasa. “Karena sabda Rasulullah, musuhmu yang paling besar adalah nafsu yang ada di dalam dirimu. Semua orang diberikan nafsu oleh Allah SWT,” ungkapnya.

Dalam sambutan selamat datang, Gubernur Ansar menyatakan Pemprov Kepri terus mendorong masyarakat untuk terus melakukan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Kami juga terus mendorong peningkatan rumah ibadah di Kepri yang setiap tahunnya diberikan sentuhan bantuan pemerintah daerah. Tahun 2023 yang lalu sebanyak Rp94 miliar dana bantuan Pemrov untuk rumah ibadah secara keseluruhan dan tahun 2024 ini, Rp112,5 miliar akan kita kucurkan kembali,” kata Ansar.

Wartawan : Sahrul
Editor : M Nazarullah

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *