Pengoperasian PLBN Serasan Diharapkan Tingkatkan Pariwisata Kepri

Peresmian pengoperasian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan, Natuna (F/Kemendagri)

Natuna (SN) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengatakan, pengoperasian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan diharapkan akan dapat meningkatkan pariwisata setempat dan umumnya Provinsi Kepri.

Serasan memiliki kekayaan alam yang kaya dengan pantai dan lautnya yang indah dan bersih, selain itu alamnya masih alami  sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang.

“Kita mendorong agar PLBN ini segera beroperasi, itu konsep kita. Nah apabila PLBN ini beroperasi, nanti Kementerian PUPR akan menyerahkan kepada BNPP,” kata Suhajar usai penyerahan bantuan kepada korban bencana di SMAN 1 Serasan, Rabu (22/3/2023).

Dia menjelaskan, pembukaan PLBN Serasan akan dapat meningkatkan lalu lintas orang, barang, dan jasa. Sujahar juga berbicara tentang prospek ke depan dari PLBN Serasan.

Selain itu, dalam rangka mendatangkan orang, pemerintah ke depan akan membangun infrastruktur transportasi. Dengan begitu, wisatawan baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri seperti wisatawan dari Kuching, Malaysia, dapat berwisata dan berbelanja di Serasan.

“Kemungkinan Malaysia akan kemari turisnya, tentunya tidak di musim utara, musim gelombang kuat. Kalau mereka datang kemari maka Dinas Pariwisata Natuna harus menyiapkan konsepnya. Saya menyarankan agar konsepnya itu adalah membangun homestay,” terangnya.

Sekjen Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro dan rombongan saat berada di Serasan, Natuna (F/Kemendagri)

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang memiliki halaman di rumah bisa membangun kamar yang berstandar hotel. Dinas Pariwisata bisa menjadi koordinator untuk membantu masyarakat memfasilitasi hal tersebut.

“Semakin ramai orang datang, membawa uang dan memutar uang di sini. Nah itu semua akan membuat ekonomi bergerak, transportasi ada yang menyewa, restoran ada yang beli, homestay ada yang menginap,” tandasnya.

Pemerintah melalui Kementerian/Lembaga (K/L) terkait akan melakukan berbagai macam pengembangan yang membuat pembangunan di Serasan menjadi lebih maju, sekaligus bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Nanti ketika PLBN ini dioperasi, maka pemerintah akan mengirim Bea-Cukai Kepri, mengurus imigrasi kemari, mengirim karantina kesehatan, karantina perikanan, semua kelengkapannya, jadi satu, sehingga nanti barang masuk barang di luar, orang masuk orang keluar,” ungkapnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepri Raja Hery Mokhrizal yang mewakili Gubernur Kepri mengapresiasi dengan diresmikannya PLBN Serasan dan diharapkan kedepannya akan dirasakan manfatnya oleh masyarakat dengan masuknya wisatawan.

“Kita dorong masyarakat di Serasan untuk ikut andil dalam menyongsong wisatawan yang datang ke sini. Pemerintah Provinsi Kepri juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memperhatikan hal ini dengan membangun PLBN,” katanya. (***)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *