Ayo… Mengenal Objek Wisata Menarik di Pusat Pemerintahan Provinsi Kepri di Dompak

Taman air mancur logo Pemprov kepri di pusat Pemerintahan Provinsi Kepri di Pulau Dompak, Tanjungpinang (F/Sutana)

Tanjungpinang (SN) – Pulau Dompak merupakan pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berada di Kota Tanjungpinang yang merupakan Ibukota Provinsi Kepri.
Dompak selain sebagai pusat pemerintahan ternyata memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Objek wisata tersebut diantaranya Taman Air Mancur Logo Pemprov Kepri, Taman Monunen Tri Matra TNI, Taman Tugu Alif, dan Taman Migas Tun Telani yang semuannya wajib di kunjungi.

Taman air mancur logo Provinsi Kepri yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepri ini  dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi pengunjung  Untuk mempercatik penampilan ditanami tanaman hias yang indah dengan beragam jenis tanaman , selain itu disediakan bangku-bangku taman untuk bersantai.

Taman ini juga dilengkapi dengan lampu warna warni, sehingga bila pengunjung datang pada malam hari akan menikmati keindahan pancaran cahaya dipadu dengan air mancur yang makin mempercantik taman.

Taman air mancur ini sangat pas untuk dijadikan sebagai spot foto, karena pemandangannya yang indah dan sangat menarik baik siang maupun pada malam hari.

Suasana siang di Taman air mancur logo Pemprov Kepri di Dompak, Tanjungpinang (F/Sutana)

Bergeser sedikit dan tidak terlalu jauh dari taman air mancur ini, pengunjung juga dapat menikmati  Taman Monumen Tri Matra Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Di taman ini, pengunjung dapat menikmati objek wisata menarik dan unik, karena di taman Tri Matra TNI ini terdapat tiga jenis alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI yakni alutsista milik Angkatan Darat (AD) berupa kendaraan tempur Tank, alutsista Angkatan Udara (AU) pesawat tempur, dan alutsista Angkatan Laut (AL) berupa kapal perang.

Dari tiga alutsista ini ada dua alutsista yang benar-benar asli nyakni pesawat tempur dan kendaraan lapis baja atau biasa disebut Tank, sementara untuk kapal perang merupakan replika yang tentunya dibuat sangat mirip dengan aslinya.

Di lokasi taman Tri Matra TNI ini juga tentunya dihiasi dengan tanaman hias dan hiasan ornamen Melayu yang mempercantik dan menperindah taman.

Taman Monumen Tri Matra TNI di Pulau Dompak, Tanjungpinang (F/Sutana)

Usai menikmati Taman Monumen Tri Matra TNI ini, pengunjung masih bisa menikmati Taman Tugu Alif, dimana di taman tugu Alif ini dari seluruh tugu dihiasi dengan kaligrafi Asmaul Husna yang indah.

Lokasi taman tugu Alif ini sangat pas dan cocok sekali, sebab keberadaannya dekat dengan Masjid Raya Nur Ilahi Dompak berdiri megah di atas ketinggian dan tentunya menjadi tujuan pengunjung.

Tugu Alif sendiri saat ini belum seluruhnya rampung, karena pembangunannya dilakukan secara bertahap dan juga Pemprov Kepri menggandeng pihak swasta dalam pembangunanya.

Usai menikmati dan mengambil foto sepuasnya di taman tugu Alif yang juga jaraknya tidak jauh dengan pusat perkantoran Pemprov Kepri ini, selanjutnya pengunjung bisa bergeser sedikit dan menikmati Taman Migas Tun Telani yang berdekatan dengan taman air mancur.

Di taman ini, Pemprov Kepri sengaja menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga pengunjung dengan leluasa dan nyaman dapat menikmati taman dan juga fasilitas yang ada.

Di lokasi taman Migas ini juga Pemprov Kepri menyediakan lokasi untuk para penjual makanan, sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai jajanan sambil menikmati taman pada sore hingga malam.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir apabila ingin ke kamar kecil. Sebab pembangunan taman Migas ini telah disediakan toilet yang terjaga dan terawat.

Taman Migas Tun Telani di Dompak, Tanjungpinang (F/Sutana)

Salah satu warga Batam yang kebetulan berwisata ke Pulau Dompak mengatakan, pusat pemerinatahan Provinsi Kepri ini tertata dengan rapih dan baik.

“Selain jalan-jalan bersih dan lebar, sehingga bisa untuk berolah raga joging sekaligus bisa untuk berwisata menikmati sejumlah taman yang ada,” kata Dini yang mengaku baru pertama kali ke Pulau Dompak, pada akhir pekan lalu.

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri Raja Hery Mokhrizal mengatakan, taman-taman di Dompak ini menjadi objek wisata dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lokal dan juga bagi pengunjung dari luar Kepri.

“Kita lihat setiap pagi dan sore banyak masyarakat menikmati taman. Bahkan jalanan yang luas dan juga trotoar yang bagus dijadikan sarana olahraga sekaligus sarana rekreasi,” kata Hery di Tanjungpinang belum lama ini.

Taman tugu Alif di Dompak, Tanjungpinang (F/Sutana)

Ia juga berharap fasilitas yang ada di taman yang ada di Dompak ini untuk sama-sama menjaganya, sehingga pengunjung baik lokal dan dari daerah lainnya akan tetap nyaman dan betah juga berkesan saat berkunjung di Kepri dan khusunya di Tanjungpjnang ini.

“Dengan hadinya pengunjung di tempat ini pastinya akan memberikan dampak positif bagi kita. Dimana sektor pariwisata dan ekonomi akan bergeliat dan masyarakat akan sejahtera,” harapnya. (SN)

Sumber : Sketsanews

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *