Gubernur Pastikan Daerah Hinterland Diperhatikan, Sambangi Masyarakat Air Saga Batam

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat berdialog dengan masyrakat Pulau Air Saga, Batam (F/Diskominfo Kepri)

Batam (SN) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad memastikan wilayah di Kepri termasuk di daerah hiterland salah satunya seperti di Pulau Air Saga, Batam harus mendapatkan perhatian yang sama.

Hal itu disampaikan Ansar Ahmad saat melakukan kunjungan kerja di Kelurahan Pulau Abang Kota Batam ini, Selasa (27/12/2022).

Ansar menurut warga Air Saga merupakan Gubernur Kepri pertama yang hadir langsung di Pulau ini dalam rangka menghadiri syukuran atas selesainya pekerjaan Pembangunan Jalan Beton di Pulau Abang untuk tahun anggaran 2022.

Panjang jalan yang ditangani dalam pekerjaan yang juga merupakan pokok pikiran Anggota DPRD Kepri Taba Iskandar ini mencapai 666 meter dari 2,4 km jalan eksisting dari Pulau Air Saga menuju Pulau Abang. Dengan lebar jalan 3 meter dari eksisting 1,5 meter berspesifikasi beton bertulang dari sebelumnya paving block.

Pagu anggaran yang dianggarkan sebesar Rp1 miliar dan dengan nilai kontrak mencapai Rp 799 juta. Panjang jalan eksisting dari Pulau Air Saga menuju Pulau Abang adalah sepanjang 2,4 km, dengan selesainya 666 meter jalan yang sudah ditangani, maka panjang jalan menuju Pulau Abang yang belum ditangani sepanjang 1,7 km.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar menyampaikan membangun Kepri sebagai Provinsi Kepulauan terbesar di Indonesia ini sangat mahal biayanya. Dengan APBD 2022 sebesar Rp. 3,7 triliun harus mengurus 7 kabupaten kota.

“Memang dengan kemampuan terbatas maka kami bagi sikit-sikit. Maka kita mesti bersyukur disini dapat anggaran Rp1 miliar membangun jalan ini. Memang membangun Kepri mesti hemat dan bijak. Supaya jangan kota-kota saja yang gemerlapan tapi kampung-kampung juga perlu diperhatikan,” ujar Ansar.

Untuk itu, lanjut Gubernur, Pemprov Kepri bergandeng tangan dengan Pemko Batam untuk membangun hinterland, supaya semua pulau performancenya lebih baik.

“Memang perlu kita pikirkan semua, mulai dari bantuan-bantuan yang telah kita bagikan seperti rumah ibadah, insentif RT RW, posyandu, hingga transportasi anak sekolah. Insya Allah tahun depan kita bantu pembiayaan BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan, bantuan untuk guru PAUD, LPM, dan BPD. Mudah-mudahan itu semua bisa membangun semangat masyarakat,” ungkapnya.

Terakhir, Gubernur berharap pembangunan jalan yang merupakan akses anak-anak Air Saga bersekolah ke Pulau Abang dapat bermanfaat.

“Yang penting bapak ibu semua semangat. Dorong anak-anak untuk terus sekolah. Mudah-mudahan anak-anak bisa berhasil. Bapak Ibu doakan, akan kita urus hinterland semaksimal mungkin,” tutupnya. (SN)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *