KPID Kepri : TV Tabung Bisa Tangkap Siaran Digital

Tanjungpinang (SN) – Televisi (TV) yang belum digital atau disebut analog umumnya masih berbentuk tabung ataupun layar datar dapat menangkap siaran TV digital dengan alat tambahan yang dinamakan Set Top Box (STB) Digital Video Broadcasting – Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepri Mukhamad Rofik menjelaskan, set top box adalah alat untuk mengkonversi atau merubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog biasa baik TV tabung ataupun layar datar.

“Adapun set top box tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi UHF-VHF, sebagaimana antena TV yang dipakai masyarakat saat ini. Tidak perlu membeli antena baru,” kata Rofik di Tanjungpinang, Jumat (11/3/2022).

Mukhammad Rofik yang merupakan pengurus LAM Kabupaten Bintan ini menambahkan langkah selanjutnya, setelah perangkat televisi tersambung, pilih opsi pengaturan/setting kemudian pilih auto scan untuk memindai program-program siaran TV Digital tersebut.

Ia juga mengatakan, bahwa untuk mendapatkan perangkat STB, masyarakat bisa mendapatkan STB dengan membeli ke toko-toko elektronik yang saat ini sudah tersedia di wilayah Batam, Bintan, Tanjungpinang maupun Karimun.

“Ya selain tersedia di toko-toko elektronik STB ini tersedia juga di market place belanja online,” ujarnya lagi.

Mukhammad Rofik yang juga pernah menjadi jurnalis ini menambahkan, bahwa untuk harga STB tidak lah terlalu mahal, yang tentunya dapat terjangkau oleh masyarakat.

“STB ini bisa didapatkan masyarakat dengan harga terjangkau, berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 350 ribu,” tuturnya.

Dan apakah masyarakat perlu membeli antena baru, ia menjelaskan bahwa masyarakat tidak perlu membeli antena baru, karena antena lama yaitu antena UHF-VHF sudah bisa menangkap siaran digital.

Adapun kelebihan siaran TV Digital lanjutnya, dimana kualitas gambar jauh lebih bersih, suaranya jernih, teknologinya canggih, serta gratis selamanya.

“Juga TV Digital ini tidak memerlukan kuota internet, dan kelebihan lainnya yakni tidak ada pembayaran bulanan,” tegasnya. (Ma)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *